Membangun Kemampuan Berpikir (Sebuah Upaya Menggapai Hidayah)

Prof. H. Sutiman B.S

Kemampuan berfikir adalah anugerah luar biasa yang diterimakan kepada ummat manusia. Dengan kemempuannya ini manusia mampu membangun kesadaran tingkat tinggi hakekat keberadaannya, dapat menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya, dan mampu menyelenggarakan peradaban dengan tata nilainya. Dengan berfikir manusia dapat melakukan pertimbangan untuk mencari kebenaran, melakukan berbagai aktivitas hidup lainnya. Aktivitas berfikir merupakan serangkaian proses penalaran memanfaaatkan berbagai macam pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan kadang juga impresi dan intuisi yang dimilinya. Semakin memiliki jangkauan ke depan, semakin luas dan semakin komprehensif (menyeluruh) pertimbangan sebuah pikiran akan semakin memiliki makna, dan semakin mendekati kebenaran.

Di sinilah keunikan proses berfikir seorang manusia, karena dasarnya pengetahuaanya selalu menjadi pembatas tersebut selalu dapat diperluas dan digeser. Demikian seterusnya sehingga selalu ada perbaikan hasil berpikir. Kemampuan berfikir adalah anugerah luar biasa yang diterimakan kepada ummat manusia. Dengan kemempuannya ini manusia mampu membangun kesadaran tingkat tinggi hakekat keberadaannya, dapat menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya, dan mampu menyelenggarakan peradaban dengan tata nilainya. Dengan berfikir manusia dapat melakukan pertimbangan utnuk mencari kebenaran, melakukan berbagai aktivitas hidup lainnya. Aktivitas berfikir merupakan serangkaian proses penalaran memanfaaatkan berbagai macam pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan kadang juga impresi dan intuisi yang dimilinya. Semakin memiliki jangjauann ke depan, semakin luas dan semakin komprehensif (menyeluruh) pertimbangan sebuah pikiran akan semakin memiliki makna, dan semakin mendekati kebenaran. Di sinilah keunikan proses berfikir seorang manusia, karena dasarnya pengetahuaanya selalu menjadi pembatas tersebut selalu dapat diperluas dan digeser. Demikian seterusnya sehingga selalu ada perbaikan hasil berpikir.

Kita memiliki Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai sumber pengetahuan yang benar yang harus dipahami melalui proses berpikir. Pengalaman dalam mengatasi permasalahan hidup akan menambah pengetahuan dan perubahan mental, sedangkan pengendalian terhadap perasaan dan nafsu berarti meenghindari subyektivitas untuk memunculkan kejernihan proses berpikir. Ketika seseorang berpikir dan pikiran itu tentang sebuah permaslahan yang mengait erat dengan kepentingan dirinya, seringkali akan melibatkan emosi dan bersifat streotype (pengetahuan yang diperoleh malaui kesan), sehingga menghasilkan hasil yang kurang obyektif (bias). Pikiran -pikiran seperti itu umumnya kurang bernilai universal, cenderung salah dan kurang rahmatan lil alamin. Dipandang dari sudut ini, penyikapan yang benar terhadap setiap masalah dan kesulitan hidup adalah penting. Setiap masalah dan kesulitan hidup adalah anugerah yang pantas disyukuri.

Kesadaran terhadap hakekak penciptaan alam semesta merupakan suatu hasil dari proses berpikir yang berkualitas. Kerendahan hati dan kesadaran terhadap keserba-terbatasaan diri memiliki kontribusi nyata terhadap kejernihan berpikir, sebaliknya kesombongan akan menuntun kepada pada kesalahan berpikir karena akan sangat menonjolkan subyektivitas. Untuk itulah kita harus selalu memohon perlindunganNya agar dapat memiliki kekuatan mental dan kemampuan mengendalikan diri serta memohon agar selalu diberi petunjuk untuk memperoleh jalan yang lurus yaitu jalan yang menghasilkan anugrah kenikmatan dan bukan jalan bagi mereka yanag dimurkai dan disesatkan. Allah hanya memberikan hidayah bagi yang dikehendakiNya, namun berpikir untuk mencari kebenaran adalah tugas manusia. Kebenaran akan menuntun kepada keselamatan. Marilah kita menggapai ridho dan hidayah Allah SWT dengan membangun kemampuan berpikir yang berkualitas yang merupakan anugerah utama kita sebagai manusia ciptaan Allah yang paling mulia. Semoga kita dapat selamat dan dapat mengakhiri hidup dengan khusnul khotimah, amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: